Rabu, 04 November 2015

Proposal Kegiatan Field Trip Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu



Proposal Kegiatan
Field Trip Mahasiswa Ilmu Kelautan
Universitas Bengkulu

I.          PENDAHULUAN

Mahasiswa sebagai insan akademis, pencipta serta pengabdi masyarakat yang tentunya merupakan asset besar Negara dimasa depan pada era sekarang sepertinya telah kehilangan arah gerakan khususnya dalam menetukan orientasi sebagaimana hakikat yang seharusnya. Seiring berjalannya waktu peran mahasiswa dilemahkan oleh sistem yang terjadi di kampus itu sendiri, pengrusak moral, anarkisme, dan kurangnya eksistensi mahasiswa menjadi simbol yang ada pada mahasiswa. Keadaan itu tak dapat di nafikan dari dunia kampus, yang terdiri dari berbagai golongan, budaya dan elemen masyarakat. mengedapankan pendidikan sains dan teknologi merupakan ciri yang ada pada perguruan tinggi swasta maupun negeri yang ada pada saat ini. Ketimpangan pun terjadi ketika kecerdasan intelektual tidak didukung dengan kecerdasan emosional dan spiritual yang memadai.
Kampus yang hari ini dikatakan sebagai salah satu wadah yang mencetak asset ataupun generasi penerus bangsa dan kampus dikenal sebagai lembaga akademik yang juga berperan dalam mencetak berbagai tenaga ahli serta orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat dilingkungannya, sekarang sudah jauh dari makna yang ada. Kemajuan yang terjadi dalam berbagai bidang  kehidupan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam bidang pendidikan. Diantara pengaruh yang ditimbulkan dalam bidang pendidikan itu diantaranya menyangkut  sistim pembelajaran baik akademik maupun non akademik, mahasiswa dengan mahasiswa lainnya baik dalam lingkungan kampus maupun didalam lingkungan masyarakat, juga cara Dosen dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang semakin hari perlu adanya inovasi dan kreasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mengingat situasi dan kondisi yang seperti tersebut perlu kiranya para mahasiswa diberikan pengenalan serta wawasan yang berbeda dari situasi yang dihadapi sehari-hari  melalui kunjungan ke lembaga atau instansi yang berhubungan dengan program studi terkait. Lembaga atau Instansi dapat menjadi kawah pembelajaran yang baik untuk memperoleh informasi dan wawasan baru bagi mahasiswa.
 Sedikit gambaran mengenai kondisi akademik dalam ruang lingkup Universitas Bengkulu, Fakultas Pertanian khususnya Program Studi Ilmu Kelautan terlihat masih perlu adanya inovasi dalam membentuk karakter mahasiswa yang berorientasi pada kemajuan pola pikir dan tingkah laku, kondisi pembelajaran yang masih perlu adanya peningkatan kapasitas materi dan metode penyampaian yang lebih menarik minat mahasiswa dalam mengembangkan wawasannya, peningkatan mutu pembelajaran yang perlu dikaji secara fundamental diharapakan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pribadi mahasiswa dalam proses belajarnya.
Melihat kondisi dan realita yang ada, maka kami selaku mahasiswa Prgram Studi Ilmu Kelautan berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan Field Trip. Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelauatan, maka kami selaku mahasiswa Program Studi Ilmu Kelauatan berencana akan membuat kegiatan Field Trip ke lembaga atau instansi yang berhubungan dengan Ilmu Kelautan.
 Field Trip merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik khususnya di Program Studi Ilmu Kelautan sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri. Sehingga nantinya kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya kembali, sebagai sebuah elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan-perubahan karena memang disadari atau tidak peran mahasiswa adalah agen of change dalam strata masyarakat yang ada, kapan pun dan dimana pun ia berada.

II.         NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah “Field Trip” Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu.

III.        BENTUK KEGIATAN

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Field Trip adalah sebagai berikut:
1.         Kunjungan ini berupa kunjungan Field Trip dengan bentuk pengenalan tentang Profil Lembaga atau instansi secara umum, dan lebih spesifik lagi pada Program Studi Ilmu Kelautan, dan melakukan kegiatan edukatif.
2.         Kunjungan ke beberapa perusahaan yang mengelola produk-produk Ilmu Kelautan guna menambah wawasan mahasiswa dalam dunia perindustrian, khususnya industri yang mengelola produk-produk kelautan, contohnya pengelolaan ikan sarden.
3.         Kunjungan ke wilayah pesisir yang ada di luar Pulau Sumatera, guna untuk menambah wawasan dan dapat melihat langsung serta dapat membandingkan keadaan kondisi pesisir yang ada di luar Pulau Sumatera, dan diharapkan agar mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman dan nilai edukatif dari kegiatan ini.

IV.       TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari dilaksanakannya Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan adalah:
1.         Menambah wawasan mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan
2.         Memberikan motivasi pada mahasiswa untuk meningkatkan kualitas akademik
3.         Menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berinovasi
4.         Mempererat hubungan silaturahmi antar mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan dan Dosen Program Studi Ilmu Kelautan dan instansi terkait.

V.        PENYELENGGARA KEGIATAN

Mahasiswa Praktek Laut-Praktek Kerja Lapang Tahun Akademik 2015/2016.

VI.       WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 23 Januari 2016 dengan rangkaian agenda sebagai berikut:
Hari Pertama                                    
04.00 Kumpul di Bandara Fatmawati
06.00 Menuju Jakarta
08.00 Menuju Lapan
11.00 Lapan
16.00 Menuju Jogja

Hari Kedua
05.00 Makan dan mandi dirumah makan
09.00 Borobudur
13.00 Bakpia Patuk
15.00 Pasar Bringharjo dan Malioboro
18.00 Menuju Banyuwangi

Hari Ketiga
05.00 Makan dan Mandi di rumah makan
13.00 Pabrik Pengalengan
17.00 Menuju Bali
21.00 Check in

Hari Kempat
05.00 Makan dan Mandi di rumah makan
09.00 BPOL
15.00 Pantai Lovina
17.00 Check In

Hari Kelima
05.00 Makan dan Mandi di Penginapan
09.00 Balai Riset Pengembangan Budidaya Laut
16.00 Tanah lot
18.00 Check in
Hari Keenam
05.00 Makan dan Mandi di Penginapan
09.00 Tanjung Benoa
13.00 Shopping oleh–oleh
14.00  Pantai Kuta
17.00 Menuju Central Kutalegian
19.00 Central Kutalegian
21.00 Menuju Jakarta

Hari Ketujuh
05.00 Makan dan Mandi di rumah makan
08.00 Melanjutkan ke Jakarta

Hari Kedelapan
05.00 Makan dan Mandi di rumah makan
08.00 Monas
11.00 Kota Tua
14.00 Check in
17.30 Menuju Stasiun TV
01.00 Kembali ke hotel

Hari Kesembilan
07.00 Makan dan Mandi di penginapan
08.00 Persiapan Pulang ke Bengkulu
09.00 Menuju Bandara
Sampai Bengkulu


VII.      PESERTA

Peserta pada kegiatan ini terdiri atas Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Praktek Laut-Praktek Kerja Lapang Tahun Aakademik 2015/2016.
NO
NAMA
NPM

NO
NAMA
NPM
1
E1I012001
Zerli Selvika

25
E1I012032
M. Frandico Riyanto
2
E1I012002
Muhammad Roihan

26
E1I012033
Yogi Bermano
3
E1I012003
Wita Puspitasari

27
E1I012034
Tria Putri
4
E1I012004
Burju Imanuel Siburian

28
E1I012035
Atikah Na'ilah
5
E1I012005
Apriliansyah

29
E1I012036
Zahra Angelessy
6
E1I012008
Putri Zilfi Hutari

30
E1I012037
Agusdi
7
E1I012009
Randi Anoma Putra

31
E1I012038
Maria Pustikawati
8
E1I012013
Teddy Asian F.S.

32
E1I012039
Ade Trisna
9
E1I012014
Eka Noerma Yulisa

33
E1I012040
Dessi Fitriana
10
E1I012016
Ira Marlina Siahaan

34
E1I012041
Reski Okti Grover
11
E1I012017
M. Irman Sentosa

35
E1I012042
Angga Saputra
12
E1I012018
Harmaini

36
E1I012043
Bambang Rainaldi
13
E1I012019
Andri Rahmat

37
E1I012044
Widya Octrida
14
E1I012020
Mas Aliyah

38
E1I012045
Wegi Hariansya Saputra
15
E1I012021
Toton Perkasa

39
E1I012046
Resti Madeni
16
E1I012022
Jenny Rospita

40
E1I012047
Taufik Hidayatullah
17
E1I012023
Trya Natania

41
E1I012048
Arlin Metra Jaya
18
E1I012024
Deba Kurniawan

42
E1I012050
Imansyah Efendi
19
E1I012025
Sari Lestari Siahaan

43
E1I012051
Indah Purnamasari
20
E1I012026
Ayu Oksi Permitasari

44
E1I012054
Farizal Rahman
21
E1I012027
Herdekasari

45
E1I012055
Gillang Fernando
22
E1I012029
Anthony Herawan

46
E1I012056
Febi Ramadana
23
E1I012030
Weky Handika

47
E1I012108
Fitria Wulandari
24
E1I012031
Silvy Syukhriani




VIII.    SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung                       : Prof. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc. (Dekan)
Penanggung Jawab      : Ir.Dede Hartono, MT. (Ketua Prodi)
  Ir. Zamdial Ta’alidin, M.Si. (Dosen Koordinator Matakuliah)

Ketua Panitia                 : Apriliansyah
Wakil Ketua                   : M. Irman Sentosa
Sekertaris I                    : Tria Putri
Sekretaris II                   : Zerli Selvika
Bendahara                     : Zahra Angelessy

Koordinator Konsumsi   : Atika Na’ilah
Anggota                         : Bambang Rainaldi
                                         Putri Zilfi Hutari
                                         Sari lestari Siahaan
                                         Anthony Herawan
                                         Indah Purnama Sari
                                         Harmaini

Koordinator Kesehatan  : Maria Pustikawati
Anggota                         : Resti Madeni
                                         Herdeka Sari
                                         Wita Puspita Sari
                                         Desy Fitriana
                                         Arlin Metra Jaya
                                         M. Frandico Riyanto
                                         Mas Aliyah
                                         Widya Octrida
                                         Tria Natania

Koordinator Dokumentasi : Fahrizal Rahman
Anggota                         : Burju Imanuel S.
                                         Silvy Syukhriani
                                         Ayu Oksi Permitasari
                                         Eka Noerma Yulisa
                                         Ade Trisna

Koordinator Perlengkapan: Toton Perkasa
Anggota                         : Imansyah Efendi
                                         Agusdi
                                         M. Roihan
                                         Weky Handika
                                         Wegy Hariansyah
                                         Taufik Hidayatullah

IX.       RENCANA ANGGARAN DANA

Total rencana anggaran dana yang dibutuhkan untuk kegiatan Field Trip yaitu Rp. 145.090.000,00 dengan rincian sebagai berikut:
NO
ITEM /URAIAN
JUMLAH SATUAN
HARGA SATUAN (Rp)
TOTAL (Rp)
UMUM
1
Tiket Pesawat (Bengkulu-Jakarta)  (PP)
47 Mhs
2 x 47 Mhs x Rp. 500.000
Rp. 47.000.000
2
Bus (Jakarta-Yogyakarta-Banyuwangi-Bali)
47 Mhs
2 x 47 Mhs x  Rp. 600.000
Rp. 56.400.000
3
Penginapan
47 Mhs
347 Mhs x  Rp. 150.000
Rp. 21.150.000
ADMINISTRASI
4
Kertas
3 Rim
Rp.   35.000
Rp.      105.000
5
Tinta Print
3 Pack
Rp.   25.000
Rp.        75.000
6
Amplop
2 Kotak
Rp.   25.000
Rp.        50.000
7
Spidol/Pulpen
1 Pack
Rp.   25.000
Rp.        25.000
PUBLIKASI, DOKUMENTASI DAN PERLENGKAPAN
8
Spanduk
2 Pcs
Rp. 200.000
Rp.      400.000
9
Dokumentasi
-
Rp. 300.000
Rp.      300.000
10
Plakat
10 Unit
Rp.   40.000
Rp.      400.000
KONSUMSI DAN KESEHATAN
11
Konsumsi
47 Mhs
  9 x 3 x 47 Mhs x Rp. 15.000
  Rp. 19.035.000
12
Perlengkapan P3K
1 Unit
Rp. 150.000
Rp.      150.000
TOTAL
Rp. 145.090.000











X.        PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan sebaik-baiknya, semoga apa yang kami rencanakan dapat bermanfaat dan membuahkan hasil yang optimal. Pun semoga rencana kegiatan ini dapat  memberikan gambaran yang komprehensif  kepada semua pihak yang terkait.
Akhirnya, kami berharap kegiatan ini mendapat apresiasi dan  dukungan  semua pihak. Atas segala bantuan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.






Ketua,



APRILIANSYAH

Sekretaris



TRIA PUTRI

Mengetahui,
Ketua Prodi Ilmu Kelautan



Ir. DEDE HARTONO, MT


Menyetujui,
Dosen Koordinator Mata Kuliah



Ir. ZAMDIAL TA’ALIDIN, M.Si.

















Bersama proposal ini, kami selaku panitia pelaksana Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu membuka selebar-lebarnya kesempatan demi terwujudnya kegiatan tersebut, kepada seluruh instansi/perusahaan ataupun pribadi untuk melakukan kerjasama. Adapun bentuk kerjasama yang kami tawarkan dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

1.         SPONSOR TUNGGAL
2.         SPONSOR UTAMA
3.         SPONSOR PENDAMPING
4.         DONATUR

Adapun bentuk yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

1.      SPONSOR TUNGGAL
a.    Dengan menanggung 100% dari dana sponshorship yang dibutuhkan dari total pendanaan.
b.    Konpensasi yang kami tawarkan kepada pihak sponsor :
-       Pencantuman nama, logo, produk atau jasa dari instansi/perusahaan anda pada setiap media promosi dan publikasi dengan ruang sponsor sebesar 50 %.
-       Instansi/perusahaan anda mendapat kesempatan untuk menyebarkan produk atau jasa secara langsung.
-       Pemasangan Broding Sponsor yang berupa logo produk/jasa pada tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak.
Keterangan :
1.    Panitia tidak berhak dan tidak diperbolehkan menerima sponsor lain selain sponsor tunggal.
2.    Panitia berhak menerima bantuan dari donatur tanpa memerlukan persetujuan dari sponsor tunggal.

2.      SPONSOR UTAMA
a.    Dengan menanggung 50% dari dana sponsorship yang dibutuhkan dari total pendanaan.
b.    Konpensasi yang kami tawarkan kepada pihak sponsor :
-       Pencantuman nama, logo produk atau jasa dari instansi /perusahaan anda pada setiap media promosi dan publikasi dengan ruang sponsor 40%.
-       Instansi/perusahaan anda mendapat kesempatan untuk menyebarkan produk /jasa pada tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak.
-       Pemasangan Bording sponsor yang berupa logo produk/jasa pada tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak.
Keterangan :
1.    Panitia berhak dan diperbolehkan menerima sponsor pendamping disamping sponsor utama.
2.    Panitia berhak menerima bantuan dari donatur tanpa memerlukan persetujuan dari sponsor utama.

3.   SPONSOR PENDAMPING
a.    Dengan menanggung 25% dari dana sponsorship yang dibutuhkan dari total pendanaan.
b.    Konpensasi yang kami tawarkan kepada pihak sponsor :
-       Pencantuman nama, logo produk atau jasa dari instansi /perusahaan anda pada setiap media promosi dan publikasi dengan ruang sponsor 15%.
-       Pemasangan Bording sponsor yang berupa logo produk/jasa pada tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak.

4.    DONATUR
Panitia Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu menerima dengan tangan terbuka kesempatan pada perusahaan, Instansi, ataupun perorangan untuk memberikan bantuan sebagai donatur untuk menunjang pelaksanaan kegiatan ini. Donatur tidak mengharapkan konpensasi dari panitia.

Ketentuan Umum Berpartisipasi :
1.      Harap diperhatikan identitas proposal
2.      Calon partisipan mengisi tanda tangan terima proposal
3.      Biaya dalam sponsorship sudah termasuk desain, biaya produksi, biaya pemasangan.
4.      Pelunasan uang kontrak dilakukan secepatnya paling lambat 1 (satu) minggu sebelum hari pelaksanaan yang sudah di jadwalkan.
5.      Materi iklan berbentuk logo, nama perusahaan, nama produk, desain art work, dan lain-lain paling lambat harus sudah diterima panitia 1 (satu) minggu sebelum hari pelaksanaan yang sudah di jadwalkan.
6.      Calon partisipan mengisi lembar surat kesediaan berpartisipasi yang ditanda tangani kedua belah pihak di atas materai.
7.      Calon sponsor yang telah disetujui panitia sebagai sponsor, telah melakukan pembayaran uang muka minimal 30% dari biaya total yang telah disepakati kedua belah pihak saat penandatanganan lembar surat kesediaan berpartisipasi.
8.      Pembayaran dapat dilakukan melalui :
a.    Rekening Bank Mandiri: 113-00-0775486-8 [A.n. Apriliansyah]
b.    Pembawa Proposal
9.      Jika ada hal-hal yang penting dan mendesak mengenai partisipasi, pihak sponsor dapat menghubungi kami di :
-       Apriliansyah                         (0852 6824 4006 – 0877 4189 2400)
-       Tria Putri                   (0819 1940 0850 – 0813 7386 5287)
-       Zerli Selvika              (0898 7012 585   – 0823 7190 0193)
-       Zahra Angelessy      (0852 7343 5133 – 0819 1949 1331)
10.   Pembayaran uang muka dan pelunasan kontrak hanya dapat dilakukan dengan pembayaran tunai.

Keterangan Umum :
·           Pihak – pihak yang turut bekerjasama dan berpartisipasi dalam kegiatan Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (baik sponsor maupun donatur) tidak berhak untuk mengatur format acara yang telah di konsep oleh panitia. Format acara Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sepenuhnya merupakan wewenang panitia penyelenggara.
·           Hal-hal yang menguntungkan kedua belah pihak, yang belum /tidak tercantum di atas, ditentukan kemudian sesuai dengan kesepakatan.

SURAT KESEDIAAN BERPARTISIPASI



Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                          : ...............................................................................................................
Jabatan                       : ...............................................................................................................
Instansi / Perusahaan : ...............................................................................................................
Alamat Kantor             : ...............................................................................................................
Telp                            : ...............................................................................................................

Menyatakan kesediaan untuk ikut berperan serta dalam kegiatan Field Trip Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, dalam bentuk Sponsorship /penawaran khusus berupa :
1.
2.
3.
Dengan kontribusi uang tunai sejumlah :
Rp. ........................................................
Atau terbilang (……………………………………………………………………………….............)
Dengan uang muka sejumlah :
Rp. ........................................................
Atau terbilang (…………………………………………………………………….....................……)






Menyetujui
Bengkulu, ............................ 2015
Hormat Kami




An. Panitia
Pihak Sponsorship
(……………………………………)
(……………………………………)