Rabu, 15 April 2015

Sebuah Kesalahan Menjadi Cinta


Oleh : Apriliansyah

Dari sebuah kesalahan, kini timbul keinginan yang kuat untuk masa depan Kelautan Indonesia kedepannya. Sebelum meneruskan pendidikan di Universitas Bengkulu, saya yang dulu pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 2 Muara Beliti dalam masa akhir - akhir Ujian Nasional 2012 saya dan juga teman-teman saya sibuk memikirkan kemana langkah pendidikan ini akan diteruskan. Semua teman yang dekat dengan saya bermacam karakter dan keadaan, ada yang orang tua menginginkan anaknya meneruskan pendidikan dan ada juga karena keterbatasan ekonomi orang tua yang akhirnya mereka lebih memilih untuk merasakan dunia kerja dahulu yang hasilnya ditabungkan untuk meneruskan pendidikan kedepannya.
Alhamdulillah di masa SMA dulu, sangat banyak dekat dengan Bapak/Ibu guru yang ada disekolah sampai-sampai urusan hati rata-rata guru di SMA saya tahu, serasa seperti seleb sekolah. Dalam kedekatan ini saya rasakan seperti hubungan orang tua dan anak, karena guru bagi saya tidak hanya seorang pendidik di kelas namun saya juga sering curhat mulai masalah yang saya hadapi sampai arah yang akan saya teruskan setelah menyelesaikan pendidikan di SMA  Negeri 2 Muara Beliti.
Ilmu kelautan, saya merupakan siswa dari SMA Negeri 2 Muara Beliti yang kedua dari dua siswa yang mendapatkan Prodi Ilmu Kelautan. Awalnya saya salah mengisi lokasi SNMPTN tertulis 2012, yang sebelumnya saya sangat menginginkan jurusan seni musik.
Universitas Bengkulu, saya pikir menyiapkan segala sesuatu hal yang  di perlukan dalam ujian praktik untuk mengambil jurusan seni musik dan ternyata dari informasi yang saya dapatkan dari Universitas Bengkulu tidak mempersiapkan semua itu dan lokasi untuk SNMPTN 2012 tidak dapat dirubah ataupun dibatalkan. Perguruan Tinggi Negeri telah dipilih dan tidak dapat dibatalkan atau dirubah dengan PTN lainnya, pada waktu itu juga saya yang sedang berada di rumah wali kelas saya langsung berkonsultasi. Saya putuskan di Universitas Bengkulu mengambil Ilmu Kelautan yang sebelumnya saya menilai sebatas mana kemampuan saya untuk mengikuti SNMPTN ini.
Minggu ke minggu telah berlalu tiba waktunya pengumuman hasil SNMPTN tertulis 2012. Setelah sholat maghrib saya dan beberapa teman berangkat dari rumah bersama-sama menuju ke warnet yang jauh dari rumah. Keadaan yang menegangkan, semua warnet penuh dan ketika ada warnet yang kosong namun aksesnya lambat. Malam itu satu persatu bergantian dengan teman saya membuka alamat snmptn.ac.id untuk mengetahui hasil SNMPTN 2012. Waktu semakin malam dan saya semakin tegang karena teman-teman saya tidak ada yang lulus, terakhir saya ketika saya buka kurang lebih kalimat pertama yang saya baca. ‘’Selamat anda berhasil di Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu’’. Alhamdulillah, rasa syukur kepada Allah atas semua hasil yang saya terima.
Berita keberhasilan SNMPTN saya sampaikan kedua orang tua dan mereka mengucapkan selamat, subhanallah. Dimana kerjanya lulusan Ilmu Kelautan ? pertanyaan dari orang tua yang dilayangkan kepada saya. Saya jelaskan semampu saya, dan jalur yang saya pilih ini Insha Allah dapat meringankan kedua orang tua karena saya melalui jalur beasiswa Bidikmisi.
Kaderisasi Mahasiswa Baru 2012 Ilmu Kelautan yang terdiri dari bermacam tangkai kegiatan, mulai dari Pra-KMB, PKFM (Pembentukan ketahanan fisik dan mental), OPAL (Orientasi pengenalan lapangan), LKMO (Latihan kepemimpinan manajemen organisasi,  MAKRAB (Malam keakraban), JELASIR (Jelajah pesisir), dan OPLL (Orientasi pengenalan lingkungan laut).
Pra-KMB merupakan acara awal dalam Kaderisasi Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu 2012, dalam kegiatan ini memfokuskan dalam memperkenalkan Ilmu Kelautan yang diisi langsung oleh Bapak Ir. Dede Hartono, MT. dan Bapak Ir. Deddy Bachtiar. dan memperkenalkan organisasi serta kegiatan mahasiswa ilmu kelautan sebelumnya.
PKFM (Pembentukan ketahanan fisik dan mental) kegiatan kedua stelah Pra-KMB yang dilakukkan di Mabes TNI Angkatan Laut Bengkulu selama empat hari. Selama berada di Lanal semua pendidikan tentang kemiliteran dan juga ilmu umum tentang kelautan. Semua rekan-rekan diprodi  ilmu kelautan mengikuti semua kegiatan ini dengan senang.
OPAL (Orientasi pengenalan lapangan) ini merupakan hal pertama dalam cerita hidup saya pergi kepulau kecil yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau tikus yang ada di Provinsi Bengkulu. Terfikirkan dalam benak ini, jika saya tidak di Ilmu Kelautan ini mungkin saya tidak pernah pergi-pergi kepulau seperti ini. Tiga hari kegiatan di pulau tikus yang paling berkesan adalah pelatihan yang diajarkan oleh senior dan langsung dipraktekkan di dalam laut menggunakan alat dasar selam, semua merasakan bergiliran melihat terumbu karang yang ada di pulau tikus.
September 2012, awal masa perkuliahan saya di Universitas Bengkulu. Pengantar Ilmu Kelautan merupakan mata kuliah inti dalam prodi yang saya pilih. Pertama masa perkuliahan saya dan teman-teman mahasiswa baru langung mendapatkan motivasi di Prodi Ilmu Kelautan.
Hari semakin hari saya semakin tertarik dan kuat tekad ini didalam Ilmu Kelautan, meskipun Ilmu Kelautan di Universitas Bengkulu masih balita saya yakin Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu mampu bersaing dengan PTN lainnya di Indonesia. Sangat banyak materi yang disampaikan pada mata kuliah ini mulai tentang potensi kelautan indonesia, perairan laut indonesia, pemanfaatan sumber daya kelautan, konservasi, negara maritim, batas-batas laut indonesia dan lain-lain. Pada materi, Indonesia merupakan negara maritim atau kepulauan terbesar didunia, antara pulau satu dengan pulau lainnya dipisahkan oleh laut, tapi bukanlah menjadi penghalang bagi setiap suku bangsa di Indonesia untuk saling berhubungan dengan suku-suku di pulau lainnya. Sejak zaman bahari, pelayaran dan perdagangan antar pulau telah berkembang dengan menggunakan berbagai macam tipe perahu tradisional, nenek moyang kita menjadi pelaut-pelaut handal yang menjelajahi untuk mengadakan kontak dan interaksi dengan pihak luar.
Menjaga lingkungan pesisir adalah tugas kita semua, selain itu, Sebagai sumberdaya yang sangat strategis bagi pembangunan nasional, maka dalam penetapan program dan kebijakan pengelolaan wilayah pesisir dan laut, senantiasa harus memperhatikan efisiensi pemanfataan ruang dan sumberdaya pesisir, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir, pemberdayaan masyakarat pesisir, dan memperkaya serta meningkatkan mutu sumberdaya alam.
Desentralisasi pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk mengefektifkan dan mendekatkan pengelolaan sumberdaya alam ke pemerintah daerah dan masyarakat.  Sehingga pemberian kewenangan kepada daerah harus dipandang sebagai hak dan kewajiban untuk melaksanakannya secara bertanggung jawab dan demi kepentingan masyarakat, bukan pemberian kedaulatan. Implikasi dan  konsekuensi desentralisasi harus disadari dan diantisipasi oleh semua pihak baik pusat maupun daerah.
Ada suatu hal yang membuat diri ini semakin ingin tetap di ilmu kelautan, sebuah oraganisasi selam yang langsung bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Selam Se Indonesia dan Confederation Mondiale Des Activites Subaquatiques. Alhamdulillah, dengan adanya beasiswa saya sangat terbantu untuk mengikuti sertifikasi dalam organisasi ini. Pada waktu melakukan penyelaman hari pertama, saya baru pertama kalinya mersakan penyelaman didalam laut pulau enggano yang dilatih langsung oleh Bapak Imam Suprihanto. Dalam sertifikasi selam ini dilakukan selama 3 hari pelatihan, Subhanallah seseuatu yang tidak pernah saya lihat secara langsung dan hanya melihat melalui telivisi ternyata saya bias secara langsung melihat isi-isi yang ada di dalam laut. Pengalaman ini tidak aka mudah untuk terlupakan selama hidup saya.
Apriliansyah, hanya seorang anak yang bukan putra daerah asli Bengkulu. Cita-cita besar saya ingin menjadikan program studi ilmu kelautan Universitas Bengkulu menjadi yang nomor satu diantara PTN lainnya di Indonesia. Saya yakin dan bisa memajukan Bengkulu yang terkenal provinsi terkorup menjadi provinsi yang pertama mampu bersaing dengan provinsi-provinsi lainnya yang ada di Indonesia melalui sember daya laut.  Dengan do’a seorang ibu, saya mempunyai menjadi lebih yakin saya bisa mewujudkan semua cita-cita besar saya. Ya Allah dengarlah keinginan hamba-Mu ini meskipun dari sebuah kesalahan yang kini menjadi cinta.